Search This Blog

Rabu, 10 Mei 2023

IU Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Plagiat Lagu - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

IU dikabarkan telah dilaporkan seseorang ke pihak berwenang atas dugaan plagiat musik. Solois tersebut dituduh telah memplagiat enam lagu, yakni Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, BBIBBI, dan Celebrity.

Dalam gugatan, seperti diberitakan media lokal Korea, pelapor yang tak mau diungkap namanya itu menuding musisi bernama lengkap Lee Ji-eun itu meniru intro lagu lain untuk keenam lagunya.

"Lagu-lagu tersebut sangat mirip dengan melodi dan ritme karya aslinya dan seringkali menggunakan chord yang sama. Good Day dan The Red Shows secara khusus sangat mirip (dengan lagu lain)," tuduhan sang pelapor seperti diberitakan Maeil Kyungjae, Rabu (10/5).

"Saya menduga plagiarisme di bagian awal keenam lagu yang menentukan vibe dan tone lagu dan menarik perhatian mendengar dalam memutuskan akan mendengarkan lagu itu atau tidak," tudingnya.

Tuduhan ini bukan jadi yang pertama bagi IU, secara khusus untuk lagu The Red Shoes. Lagu tersebut sudah dituding hasil jiplak satu dekade lalu.

[Gambas:Video CNN]

Pada 2013, lagu The Red Shoes IU dituding memplagiat lagu Here's Us yang dipopulerkan band asal Jerman Nekta. Namun, LOEN Entertainment selaku agensi kala itu membantah tuduhan tersebut.

Mereka kala itu menyebut kedua lagu tersebut mungkin terdengar serupa tapi chordnya dipastikan berbeda. Bantahan itu disampaikan usai menganalisis kedua lagu bersama sang komposer Lee Min-soo dan para ahli.

"Red Shoes menggunakan kunci B flat minor, sedangkan Here's Us menggunakan kunci B flat major. Berdasarkan aransemen keseluruhan, lagu tersebut benar-benar berbeda," tutur agensi seperti diberitakan Osen via Nate pada Oktober 2013.

Kini, masalah itu menyeruak kembali. Pelapor pun mengatakan pihak IU menolak buka suara terkait tuduhan plagiat meski sudah bergulir sejak dulu.

"Oleh sebab itu pelapor memutuskan melapor setelah menyaksikan kurangnya kesadaran masyarakat terkait banyak akun plagiarisme yang dihapus di media sosial, dan juga sebagai masalah kegagalan otoritas hukum untuk memenuhi tugasnya dalam bertanggung jawab menentukan jumlah kerugian yang harus dibayar."

Biasanya, permasalahan plagiat dilaporkan oleh pihak yang menjadi korban. Namun, A mengklaim pihak ketiga juga dapat mengajukan tuntutan berdasarkan kecurigaan plagiat untuk mendapatkan laba.

"Menurut Pasal 140 UU Hak Cipta, bagi mereka yang biasa melanggar hak cipta melalui penggandaan, pertunjukan, pameran, dan penyebaran karya jiplakan untuk tujuan keuntungan yang tidak dapat disangkal, saksi berhak menggugat terdakwa," kata pihak pelapor.

IU atau EDAM Entertainment selaku agensi belum buka suara mengenai hal ini.

(chri)

Adblock test (Why?)



from "lagu" - Google Berita https://ift.tt/eiTpVgJ
via IFTTT

from Update Saji https://ift.tt/2rljeFk
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lirik dan Chord Lagu Far Away - John Frusciante - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan gitaris asal Amerika Serikat, John Frusciante melantunkan lagu berjudul “Far Away” pada 2004. Lagu y...