Search This Blog

Minggu, 14 Mei 2023

Royalti dalam Hak Cipta Lagu Tuai Pro Kontra - Metro TV News

14 May 2023 09:30

Kasus royalti di dunia musik menjadi ramai dibicarakan. Terutama setelah ramai perselisihan antara pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani dengan mantan vokalisnya Once Mekel soal hak menyanyikan lagu dan royalti. 

Beberapa musisi ikut menyuarakan hal ini, antara lain Rieka Roslan dan Doadibadai Hollo. Reika menilai, ada hal yang harus dibenari dalam bisnis pencipta lagu. Salah satunya, kata Reika, hak penulis lagu di belakang layar yang sering terlupakan.

Diketahui, Rieka Roslan juga dalam situasi melarang mantan grupnya yaitu The Groove untuk membawakan lagu ciptaannya. Mantan grup bandnya itu disebut tidak ingin lagi satu panggung dengan Rieka Roslan.

"Itu disampaikan kepada EO, dan EO menyampaikan ke saya maaf The Groove sudah tidak mau lagi satu panggung bersama Rieka Roslan, berarti saya pun hari itu menyatakan bahwa saya pun kalau begitu tidak mengizinkan lagu saya dibawakan lagi oleh band lama saya," ujar Rieka.

Selain itu, kasus Badai dengan mantan bandnya Kerispatih soal hak menyanyikan sebuah lagu dan royalti sudah cukup lama bergulir.

Kasus royalti yang dihadapi para pencipta lagu ini akhirnya menjadi dasar pertemuan dari beberapa musisi di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkunham) Jakarta. Mereka melakukan audiensi royalti dengan beberapa solusi, berupa FGD untuk membahas UU Hak Cipta, dan tata laksana royalti bagi para pencipta lagu.

Adblock test (Why?)



from "lagu" - Google Berita https://ift.tt/TDKWcGp
via IFTTT

from Update Saji https://ift.tt/hSHwiRc
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lirik dan Chord Lagu Far Away - John Frusciante - Kompas.com - KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan gitaris asal Amerika Serikat, John Frusciante melantunkan lagu berjudul “Far Away” pada 2004. Lagu y...